Our social:

Wednesday 2 December 2015

Cara Menampilkan File Hidden Windows7



Pada kesempatan ini saya akan berbagi tips cara menampilkan file dan folder yang tersembunyi atau terhidden di Windows7 . mugkin metode seperti ini sudah hal yang biasa, tapi artikel ini saya peruntukkan untuk teman-teman yang belum mengetahui melihat file yang tersembunyi (hidden).
 
Files folder yang tersembunyi atau hidden kadang membuat kita tidak menyadari bahwa banyak kapasitas harddisk yang terpakai oleh file folder tersebut, kadang kita melihat secara sepintas di windows explorer bahwa tidak banyak file yang ada pada media penyimpanan kita, akan tetapi pada saat kita ingin menyimpan data pada media tersebut ada peringatan bahwa disk tidak mencukupi atau no space sehingga kita tidak bisa melanjutkan untuk menyimpan file lagi.

Jika anda mengalami masalah seperti ini, kemungkinan banyak file folder yang di hidden, entah itu karena virus atau memang sengaja untuk disembunyikan. Jadi jika anda ingin menghapus atau memindahkan file folder yang di hidden maka yang anda harus lakukan adalah menampilkan dahulu file folder yang dihidden.

Dalam Windows 7 juga secara default tidak menampilkan beberapa folder dan file yang merupakan bagian dari sistem operasi. File tersebut lebih kita kenal sebagai hidden files atau protected operating system files. Salah satu alasan tidak ditampilkannya protected operating system files adalah untuk mencegah keruksakan sistem misalnya karena tanpa sengaja kita merubah atau men-delete file tersebut. Tetapi untuk keperluan troubleshooting seringkali kita membutuhkan akses ke file dan folder tersebut. Lalu bagaimanakah cara menampilkannya?

1.      Klik Windows icon di bagian kiri bawah desktop atu dengan cara klik logo Windows+E di keyboard >> Computer
2.      Klik pada Organize >> Folder and search option. Akan muncul jendela “Folder Options"
3.      Klik pada Organize >> Folder and search options. Akan muncul jendela “Folder Options”

4.      Klik tab View >> Ceklist pada “Show hidden files, folders, and drivers” 
5.     Pada bagian Hidden files and folders klik pilihan show hidden files, folder,and drives.
Dengan mengaktifkan pilihan ini kita bisa melihat semua file, folder dan Drive yang sebelumnya tak terlihat.
6.     Uncheck / hilangkan tanda checkmark pada pilihan Hide extensions for known file types.
Dengan meng-uncheck pilihan ini kita dapat melihat extension yang digunakanpada semua file seperti .docx, .txt dan sebagainya.
7.     Uncheck / hilangkan tanda checkmark pada pilihan Hide protected operating system files (Recommended).
8.     Dengan meng-uncheck pilihan ini maka file yang merupakan bagian dari sistem operasi seperti dalam folder Windows akan terlihat.
9.     Klik Apply dan kemudian tekan OK. 
Sekarang buka kembali jendela Windows Explorer, maka kita bisa menemukan beberapa folder dan files yang tadinya tidak terlihat. Demikianlah cara menampilkan Hidden Files di Windows 7, semoga bisa bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment