Our social:

Tuesday 13 December 2016

Makalah Teknologi Sistem Telekomunikasi

MAKALAH 
TEKNOLOGI SISTEM TELEKOMUNIKASI



                Disusun Oleh : 

                              Nama : Agus Susanto (201453020) 
                              Lisa Anita Firdaus (201453102) 
                              Tri Awan Pujo Setyoko (201453125) 
                              Muhammad Imron R (201453128) 
                              Kelas : D 



UNIVERSITAS MURIA KUDUS 
FAKULTAS TEKNIK 
2016 

BAB I 
PENDAHULUAN 
1.1.Latar Belakang Masalah 

Kemajuan teknologi telekomunikasi sekarang mempunyai pengaruh dalam perkembangan pengolahan data. Data dari satu tempat dapat dikirim ke tempat lain dengan alat telekomunikasi. Sistem informasi sekarang memanfaatkan alat telekomunikasi untuk membentuk suatu jaringan kerja komputer. 
Di dalam sistem telekomunikasi, istilah jaringan kerja (network) digunakan, bila paling sedikit dua atau lebih alat – alat dihubungkan satu dengan yang lainnya. Sistem pemesanan tiket pesawat terbang merupakan contoh komputer network, dengan peluang ratusan bahkan ribuan terminal dapat dihubungkan dengan pusat komputer yang menyimpan semua informasi jadwal penerbangan dan tempat duduk untuk masing – masing jadwal penerbangan. 
Jaringan komputer ini memungkinkan tidak hanya organisasi yang sama dihubungakan satu dengan yang lainnya untuk pengiriman data, tetapi juga dengan organisasi yang lain dan bahkan langsung dengan pemasuk konsumen. Dengan cara, seperti ini, sekarang perusahaan dapat memperoleh keuntungan strategik, karena perusahaan dapat lebih dekat dengan pemasuk dan pelanggan. 
Upaya – upaya ini telah mulai banyak dilakukan, misalnya jaringan ATM, yaitu menarik sistem jaringan informasi bank keluar mendekati nasabah dengan menggunakan teknologi telekomunikasi. Contoh – contoh lainnya adalah took buku maya lewat jaringan komputer. Oleh karena itu pemanfaatan teknologi telekomunikasi dalam teknologi sistem komputer, merupakan hal yang penting. 

Pengiriman data secara transmisi elektronik biasanya disebut dengan istilah komunikasi data dan perlu dikirim ke satu tempat ke tempat lain dengan beberapa alasa, diantaranya adalah : 

1. Transaksi sering terjadi di suatu tempat yang berbeda dengan tempat pengolahan datanya atau tempat dimana data tersebut akan disimpan, sehingga data perlu dikirim ke tempat pengolahan dan dikirim lagi ke tempat yang membutuhkan informasi dari data tersebut. 
2. Kadang – kadang lebih efisien atau lebih murah mengirim data lewat jalur komunikasi lebih – lebih bila data telah diorganisasikan. 
3. Suatu organisasi yang mempunyai beberapa tempat pengolahan data, data dari suatu tempat pengolahan yang sibuk dapat membagi tugasnya dalam mengirimkan data ke tempat pengolahan yang kurang sibuk. 
4. Alat – alat yang mahal seperti misalnya alat pencetak grafik (printer) berkecepatan tinggi, cukup diletakkan di suatu saja untuk digunakan secara bersama – sama sehingga dapat menghemat biaya. 

1.2.Rumusan Masalah 

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka permasalahan yang dapat diambil adalah : 
1) Apa yang dimaksud Telekomunikasi? 
2) Bagaimana cara kerja sistem Jaringan? 
3) Bagaimana susunan Jaringan? 

1.3.Batasan Masalah 

Dalam makalah ini saya hanya membahas tentang teknologi sistem telekomunikasi serta jaringan yang ada di dalam teknologi telekomunikasi itu sendiri. 

1.4.Tujuan 

Tujuan disusunnya makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Sistem Teknologi Informasi Semester Ganjil dan menjawab pertanyaan yang ada pada rumusan masalah. 

1.5.Manfaat 

Manfaat dari penulisan makalah ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan baik penulis maupun bagi pembaca tentang jaringan telekomunikasi (termasuk internet, intranet, dan ekstranet) dan mampu menjelaskan serta sebisa mungkin mempraktekkan tentang jaringan telekomunikasi, teknik dan analisanya serta aplikasi juga pengembangannya di dunia nyata (masyarakat). 

1.6.Tinjauan Pustaka 

Nurhadi Muhammad, (2012) dalam makalahnya yang berjudul “Makalah Dasar Telekomunikasi”. Telekomunikasi adalah sebuah media penghubung antara seseorang dengan orang lain secara langsung tanpa harus bertatap muka secara langsung. Perkembangan telekomunikasi begitu pesat dan hingga saat ini sudah sanga canggih yang sudah bisa kita pakai dan nikmati sekarang ini . Telekomunikasi membuat jarak komunikasi akan terasa lebih dekat ,informasi yang kita dapat terasa cepat dengan bantuan peralatan telekomunikasi. 
Rachmatin Robby, (2012) dalam Makalahnya yang berjudul “Jaringan dan Telekomunikasi PT. ISPI PRATAMA”. Penerapan sistem informasi dalam dunia bisnis banyak dimanfaatkan untuk mendukung kecepatan dan ketepatan proses bisnis tersebut. Beragamnya bidang bisnis tentunya memerlukan aplikasi sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis tersebut. Dari hasil pengamatan di PT. ISPI PRATAMA, denganadanya sistem informasi operasional perusahaan berbasis intranet ini dapat disimpulkan bahwa perusahaan ini harus bisa menerapkan sistem informasi operasional perusahaan untuk mendukung pengelolaan sumber daya manusia, aktifitasaktifitas pekerjaan agar lebih efektif dan saling terintegrasi, dan untuk menghasilkan produktifitas yang baik untuk mencapai tujuan perusahaan. 
Indriyani Euis, (2014) dalam makalahnya yang berjudul “Makalah Telekomunikasi Jaringan” Teknologi yang digunakan pada system komunikasi bergerak pada pertama kalinya.Sistem generasi pertama semuanya menggunakan teknologi analog yang pada umumnya lebih dikenal orang dengan AMPS atau TACS.Kata-kata analaog dalam hal ini lebih menuju pada metode yang digunakan untuk mengirimkan informasi dalam jaringan telekomunikasi mobile tersebut.Basic service yang ditawarkan pada teknologi generasi pertama ini masih berkisar suara. 

1.7.Sistematika Penulisan 

BAB I PENDAHULUAN 
Latar belakang masalah 
Rumusan masalah 
Batasan masalah 
Tujuan 
Manfaat 
Tinjauan pustaka 
Sistematika penulisan 
BAB II LANDASAN TEORI 
BAB III PEMBAHASAN 
BAB IV PENUTUP 
LAMPIRAN 
CURRICULUM VITAE 
DAFTAR PUSTAKA

0 komentar:

Post a Comment