Our social:

Thursday 12 January 2017

Mengenal Komponen - Komponen dan Fungsinya dalam Visual Basic 6.0

Kali ini akan Saya jelaskan mengenai Dasar Komponen Pada Visual Basic 6.0 serta Fungsi dari Visual Basic 6.0. Silahkan disimak dengan seksama
Komponen Visual basic
1. TITLE BAR Merupakan batang judul dari program visual basic 6.0 yang terletak pada bagian paling atas jendela yang berfungsi untuk menampilkan judul atau nama jendela. 
Bagian Title Bar terdiri dari beberapa elemen yang berfungsi mengatur tampilan jendela, diantaranya :
- Control Menu 
Berikut ini adalah fungsi dari masing-masing perintah pada Control Menu :  
2. MENU BAR
Menu Bar merupakan batrang menu yang terletak di bawah title bar yang berfungsi untuk menampilkan pilihan menu atau perintah untuk mengoperasikan program Visual Basic. 
3. TOOLBAR  
ToolBar merupakan batang yang berisi kumpulan tombol yang terletak di bagian bawah menu bar yang dapat digunakan untuk menjalankan perintah.
Fungsi masing-masing tombol pada toolbar :
4. TOOLBOXMerupakan suatu kotak perangkat yang berisi kumpulan tombol objek atau control untuk mengatur desain dari aplikasi yang akan di buat. 
5. Jendela Project Explorer
Proses relasi antar program aplikasi Pada jendela Project explorer terdapat tiga tombol dengan penjelasan sebagai berikut :
6. Jendela Properties 
Menampung nama form dari suatu project 
7. Jendela Form Layout Digunakan untuk mengatur posisi form pada layer monitor.  
8. Jendela FormMerupakan jendela desain dari sebuah program aplikasi. Anda dapat mendesain sebuah program dengan menempatkan control-kntrol yang ada ditoolbox pada area form.
9. Code Window
Merupakan sebuah jendela yang digunakan untuk menulisakn kode program dari control yang anda pasang pada jendela form dengan terlebih dahulu memilih control tersebut. 

0 komentar:

Post a Comment