Our social:

Friday 16 December 2016

Pentingnya Pancasila Pada Generasi Muda Indonesia

MAKALAH 
PENTINGNYA PANCASILA PADA GENERASI MUDA INDONESIA 




Disusun Oleh :

Nama             : Agus Susanto
NIM               : 201453020
Program Studi : Sistem Informasi
Kelas              : C



UNIVERSITAS MURIA KUDUS
FAKULTAS TEKNIK 
2016 

BAB I 
PENDAHULUAN 



A. Latar Belakang 
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa disadari memang kurang disosialisasikan kepada masyarakat. Generasi muda seakan akan kurang memaknai pentingnya mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. 

1. Ketuhanan yang maha esa 
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab 
3. Persatuan indonesia 
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan 
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia 

Itulah kelima dasar negara yang ada di Indonesia, kelima sila tersebut sudah mewakili dari sumber hukum, ideologi, pandangan hidup. Tetapi sayangnya Indonesia atau khususnya generasi muda belum bisa memanfaatkan pancasila dengan maksimal, sehingga seringkali muncul sikap yang tidak teratur, terfilter dan seringkali apatis dalam menanggapi pengaruh globalisasi yang ada di dunia. 

Untuk itulah kita sebagai generasi muda dalam bermasyarakat juga harus bisa menerapkan pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan tahu mana globalisasi yang bersifat baik atau buruk bagi diri kita. Sekarang sudah jarang ada sosialisasi tentang pancasila padahal pancasila adalah sebagai dasar negara kita sendiri, sedangkan bangsa kita ada yang sudah melupakan apa itu pancasila. Itulah yang membuat prihatin bangsa ini yang tidak tahu apa itu dasar negaranya sendiri. Oleh karena itu, diperlukan adanya pemahaman mendalam tentang arti penting pancasila dalam generasi muda, terlebih di era global ini. 

B. Rumusan Masalah 
Dalam perumusan masalah ini, penulis merumuskan: 

1. Apa makna pentingnya pancasila? 
2. Bagaimanakah aktualisasi peran dan tanggapan pemuda terhadap pentingnya pancasila? 
3. Bagaimanakah cara paling efektif untuk menanamkan peran penting pancasila di era global terhadap generasi muda? 

C. Tujuan Penulisan 
Tujuan yang terdapat dalam penulisan makalah ini adalah agar pembaca mengetahui makna penting pancasila, memahami aktualisasi peran pemuda terhadap pentingnya pancasila, dan mengetahui cara yang paling efektif untuk menanamkan peran penting pancasila di era global terhadap generasi muda, serta sebagai salah satu syarat untuk dapat mengikuti Ujian Akhir Semester Gasal mata kuliah Pancasila Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus. 

D. Metode Penulisan 
Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah menggunakan metode pustaka yaitu penulis menggunakan media pustaka dalam penyusunan makalah ini.


0 komentar:

Post a Comment