Our social:

Tuesday 20 December 2016

Proposal Manajemen Proyek Penjualan dan Pemesanan Produk CV. Berlian Souvenir

MANAJEMEN PROYEK
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PEMESANAN PRODUK CV. BERLIAN SOUVENIR
(WWW.BERLIANSOUVENIR.COM



Proposal
Dosen Pengampu : Supriyono, S.Kom, M.Kom,

Disusun oleh : Kelompok 1
1. Joko Umbarno (2014 53 012)
2. Agus Susanto (2014 53 020) 
3. Aditia Rasid (2014 53 025) 
4. Rama Hadi Saputra (2014 53 032)
5. M. Nor Wibowo (2014 53 050)


PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2015

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang
     Seiring dengan perkembangan zaman dibidang teknologi, perusahaan perusahaan makin dipicu untuk menggunakan teknologi yang maju sebagai alat atau media untuk tetap bertahan dan memenangkan persaingan yang kian hari terasa ketat dan keras. Internet merupakan suatu media yang sudah tidak asing lagi diberbagai belahan dunia yang memiliki banyak fungsi. Akhir-akhir ini penggunaan internet yang menjurus kepada cyberspace kelihatannya akan mendominasi seluruh kegiatan di atas permukaan bumi dimasa kini dan masa datang dan secara umum akan berubah menjadi alat untuk persaingan antara perusahaan yang satu dengan yang lainnya. Ini pun akan membawa dampak yang sangat besar bagi perusahaan. Dampak pada aspek persaingan adalah terbentuknya tingkat kompetisi yang semakin tajam. Globalisasi ekonomi juga membuat perubahan menjadi konstan, pesat, radikal, dan serentak. Sehingga perusahaan harus memiliki kemampuan yang cepat untuk beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi sehingga perusahaan akan mampu bersaing dengan para kompetitornya.
     Evolusi yang terjadi pada internet merupakan satu fenomena yang paling menarik dalam kemajuan teknologi yang terjadi sekarang. Satu aspek yang boleh dibilang utama dalam evolusi ini adalah munculnya electronic commerce (ecommerce) dalam lingkungan bisnis. E-commerce mengubah hampir semua fungsi bisnis area dan setiap kegiatannya, mulai dari transaksi jual belinya sampai periklanannya. Dengan lahirnya E-commerce ini memudahkan konsumen untuk dapat melakukan transaksi jual beli tanpa harus datang ketempatnya.
     Berlian souvenir merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang aksesoris dan souvenir untuk menunjang suksesnya sebuah acara / event. Berlian Souvenir memproduksi berbagai macam souvenir untuk acara-acara resmi seperti seminar, workshop maupun yang tidak resmi seperti pada pasar rakyat ataupun bazaar. Berlian souvenir pada proses bisnisnya memfokuskan pada pelayanan dan kualitas barang yang dihasilkan dengan baik. Terbatasnya media sebagai sarana promosi menjadi kendala utama yang menghambat kemajuan perusahaan mengingat berlian souvenir selama ini masih menggunakan media promosi secara manual seperti dengan menyebar brosur dan iklan di radio. Sulitnya konsumen dari luar daerah untuk mengetahui produk yang pasarkan adalah hal yang menyebabkan semakin menurunnya target penjualan pada berlian souvenir.
      Saat ini suatu bidang usaha tentu kurang kompetitif jika tidak memiliki media pemasaran online seperti website. Konsumen sangat kesulitan mencari informasi tentang keberadan perusahaan yang tentunya mengakibatkan perusahaan tersebut kurang dikenal oleh banyak orang. Dengan adanya masalah yang dihadapi oleh perusahaan tersebut maka dibutuhkan kehadiran sebuah website. Hal ini sangat penting karena keberadaan suatu website dapat membantu penyampaian informasi produk dan harga secara detail kepada konsumen. Selain itu melalui website akan dapat mengakses informasi yang dibutuhkan kapan saja dan dimana saja. Suatu website akan menjelaskan bagaimana proses perusahaan dalam melakukan kegiatannya sehingga dapat ditampilkan waktu pemesanan dan waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan pesanan hingga sampai kepada pelanggan yang memesannya. Pelanggan akan dapat memperkirakan kapan ia harus memesan dan kapan pesanannya akan dikirimkan. Tidak hanya itu saja, keberadaan suatu website akan dapat memperluas jangkauan pemasaran perusahaan ini, maka diperlukan sebuah program aplikasi yang mendukung dalam proses pemasaran dan pemesanan produk tersebut.    
     Tujuan dilakukannya pembuatan sistem informasi ini adalah untuk membuat sebuah terobosan baru bagi perusahaan dalam bidang pemasaran serta memperbaiki sistem penjualan dan pemesanan perusahaan sehingga berfungsi semakin baik dan efisien untuk meningkatkan target penjualan perusahaan.

1.2.Profil Perusahaan
PT. TECHNO MAJU JAYA adalah perusahaan pelayanan jasa pembuatan aplikasi berbagai sistem informasi, PT. TECHNO MAJU JAYA di dirikan pada tanggal 26 November 2015, yang beralamat di Jl. Pati-Kudus KM 07 Jekulo, yang beranggotakan 5 orang. Didalam perusahaan ini kualitas dan kerja yang cepat dan sesuai deadline adalah prioritas kami. Perusahaan TECHNO MAJU JAYA memberikan beberapa pilihan dalam membuat aplikasi sesuai dengan keinginan dari pemesan aplikasi.

1.3.Proyek Perusahaan
PT. TECHNO MAJU JAYA bergerak dalam bidang pelayanan jasa pembuatan berbagai aplikasi sistem informasi, salah satu proyek yang akan kita tawarkan adalah aplikasi sistem pemesanan dan penjualan produk di CV. BERLIAN SOUVENIR. 
1.4.RUMUSAN MASALAH 
Berdasarkan uraian pada latar belakang dan identifikasi masalah yang telah diajukan, maka permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut :

1. Bagaimana membuat sistem pemesanan dan penjualan yang komunikatif dan informatif untuk sebuah perusahaan yang saat ini masih berjalan secara konvensional ? 
2. Bagaimana merancang media informasi penjualan online berbasis web pada sebuah perusahaan ?
3. Bagaimana pengujian media informasi pemesanan berbasis web sehingga dapat memudahkan konsumen?

1.5.BATASAN MASALAH
Permasalahan yang tercakup tidak berkembang terlalu jauh atau menyimpang terlalu jauh dari tujuannya dan tidak mengurangi efektifitas pemecahannya. Maka penulis melakukan pembatasan masalah sebagai berikut :
1. Sistem informasi yang dibuat hanya meliputi system pemesanan dan penjualan produk.
2. Pembayaran transaksi dilakukan secara offline, dimana pembeli melakukan transfer uang secara manual ke rekening yang telah ditentukan.
3. Jangkauan penjualan produk hanya melayani pembelian yang berada di Indonesia.
4. Aplikasi ini tidak memuat tentang informasi data pembelian bahan baku yang dibutuhkan.
5. Aplikasi ini tidak membahas tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses pengiriman produk ke konsumen.

1.6.Tujuan
Tujuan dari dilakukannya proyek ini adalah:
1. Mempermudah konsumen untuk melakukan pemesanan barang pada sebuah perusahaan secara online
2. Lebih memperluas area pemasaran sehingga menambah jumlah konsumen. Media informasi penjualan produk akan lebih komunikatif dan informatif untuk promosi produk secara detail.

0 komentar:

Post a Comment